Rabu, 10 Maret 2010

SERMON GURU GURU SEKOLAH MINGGU HKBP CIJANTUNG

Pada hari Jumat, 12 Maret 2010 Pkl.20.00, bertempat di Konsistori HKBP Cijantung dilaksanakan sermon para guru sekolah minggu seperti biasanya untuk pembekalan pelayana pada hari Minggu 14 Maret 2010 kepada anak-anak Sekolah Minggu. Guru-guru sekolah minggu yang hadir: Lorenta br Lingga, Susi br Simanjuntak, Uliarta br Sianturi, Saut Pasaribu, Frisda br Situmorang, Citra br Hutabarat, Parulian Sitompul, Carolin br br Nababan, Nelly br Pane, Orna br Panjaitan, Dessy br Siahaan. Tidak Hadir: Martha br Tobing, Roni Situmorang, Duma br Sinurat, Niko Nainggolan, Tioni br Pasaribu, Martin Simangunsong St.P.Simanjuntak yang memimpin sermon dari Nats dari Ayub 1:1-5 sesuai nats yang ada pada Almanak HKBP.

Tujuan yang hendak dicapai
1.Mengetahui siapakah tokoh Ayub
2.Mendiskusikan bagaimana Ayub memperlihatkan contoh-contoh perbuatan hidup benar.
3.Mendiskusikan mengapa Ayub mempersembahkan korban bakaran

Siapakah tokoh Ayub
Ada seorang laki-laki ditanah US bernama Ayub:
- Ayub orang saleh, jujur, takut akan Tuhan dan selalu menjauhikejahatan.
- Ayub yang paling terkaya di daerah itu, memiliki: 7000 ekor kambing domba; 3000 ekor Unta; 500 ekor keledai betina; dan budak-budak yang sangat banyak

Bagaimana tokoh Ayub memperlihatkan contoh perilaku hidup benar
Walaupun Ayub paling terkaya didaerah US, tapi ia selalu memperlihatkan perbuatan hidup benar dalam kehidupannya sehari-hari, yaitu:
- hidup menurut jalan yang dtunjukkan Tuhan
- selalu mengasihi Allah
- beribadah kepada Tuhan dengan segenap hati dan jiwa
-berpegang pada perintah dan ketetapan Tuhan

Mengapa Ayub mempersembahkan korban bakaran
Begitu takutnya Ayub kepada Allah, maka setiap pagi memberi korban bakaran kepada Allah sebanyak jumlah nak-anaknya (7 laki-laki dan 3 perempuan). Mereka sering melakukan pesta makan-makan dan minum-minum. Ayub takut, siapa tahu anaknya sudah mengutuk dan berdosa kepada Allah, lalu Ayub menguduskan anak-anaknya itu, itulah yang mendorong Ayub melakukan persembahan korban bakaran pada pagi harinya setiap kali anak-anaknya melakukan pesta makan-makan dan minum-minum.
Respon Khotbah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat Anda ??